Ketika Karya Ilmiah Dibuat Oleh Maling

Posted by Agus Haryadi on

Ketika Karya Ilmiah Dibuat Oleh Maling
Saat semester akhir dari perkuliahan, seorang mahasiswa diharuskan membuat karya ilmiah. Karya ilmiah ini dalam berbagai macam bentuk, mulai dari skripsi, tesis sampai disertasi. Satu persamaannya, didokumentasikan dalam bentuk tulisan dan dicetak.

Untuk membuat sebuah cetakan yang bagus banyak mahasiswa-mahasiswa menggunakan bantuan software Microsoft Word, software pengolah kata sejuta umat. Di antara sejuta umat yang memakainya sebagai pengolah kata untuk karya ilmiahnya, pasti ada ada yang menggunakan versi bajakan.

Selain mengolah kata untuk karya ilmiah diperlukan juga pengolahan data penelitian. Data penelitian-penelitian biasnya sangat banyak dan butuh tenaga dan pikiran jika diolah secara manual tanpa bantuan software. Biasanya pengolah data yang digunakan adalah SPSS yang kita tahu harganya mahal. Tapi karena orang-orang telah terbiasa dengan SPSS dan tidak tahu ada banyak selain SPSS ya jadilah SPSS dibajak untuk digunakan sebagai pengolah data penelitian.

Selain mengolah data pasti ada banyak lagi software-software bantuan dalam pembuatan karya ilmiah, dan saya yakin pasti software yang digunakan adalah yang berbayar tapi telah dibajak.

Setelah karya ilmiah selesai dibuat, saatnya diseminarkan. Ketika seminar biasanya hasil karya ditampilkan ke depan peserta seminar dalam bentuk slide. Pasti tahu kan software apa yang dibajak untuk membuat slide dan mempresentasikannya ? Microsoft Power Point, software presentasi sejuta umat.

Dari awal sampai akhir pengerjaannya dibantu oleh program yang dibajak, dan semua program itu berjalan diatas Windows. Semua program bajakan tersebut berjalan di atas sistem operasi bajakan. Sungguh ironi, ilmu pengetahuan baru oleh mahasiswa ditemukan dengan bantuan barang-barang curian dan disebarluaskan dengan barang curian.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini tak terlepas dari karya ilmiah yang telah dibuat oleh para mahasiswa.Tapi apa harus dengan barang-barang bajakan ? Padahal masih ada freeware yang bisa digunakan tanpa harus membeli apalagi mencuri.

Software pengolah kata tak hanya Microsoft Word, sda Writer dari LibreOffice. Software Pengolah Data tak hanya SPSS, ada R. Software presentasi tak hanya Microsoft Power Point, ada Impress dari LibreOffice. Akhir kata, sangat banyak software-software free yang bisa digunakan asalkan kita mau sadar bahwa menggunakan barang bajakan adalah salah.

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar